Liputan

OUTBOND SERU TPA AL-MARHAMAH

21.44 REMAIS AL-MARHAMAH 0 Comments



OUTBOND SERU TPA AL-MARHAMAH



Oleh: Lina Mufidah
“Outbond santri berlangsung seru sampai  Candi Gebang. Tujuannya mengajak dan menghibur santri
TPA Al-Marhamah supaya lebih istiqomah mengaji.”
          Ahad 31 Mei 2015, TPA Al-Marhamah mengadakan kegiatan outbond bagi santriwan-santriwati. Outbond ini diurus oleh Remaja masjid Al-Marhamah (remais). Perjalanan dimulai dari Lapangan RW 63 kemudian berakhir di Candi Gebang, Dusun Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman.
            Jumlah santri dalam outbond ini sebanyak empat puluh delapan yang dibagi delapan kelompok. Dengan rata-rata santri berusia empat sampai delapan tahun, maka pembagian kelompok dilakukan dengan sangat teliti, agar kelompok terbagi adil dan permainan berjalan seru. Setiap kelompok dibimbing oleh dua pendamping remais yang menjaga dan mengarahkan santri sepanjang perjalanan outbond.
            Balai RW 63 menjadi tempat berkumpul dan pembukaan outbond TPA. Selanjutnya, dengan berjalan kaki menuju ke Candi Gebang, sepanjang perjalanan para santri disambut dua pos game. Pada pos pertama dan kedua, para santri disambut dengan permainan seru berupa pipa kelereng dan hulahoop, Sementara itu pos ketiga semakin seru dengan permainan pesan berantai bertempat di area Candi Gebang. Semua santri mempunyai kesempatan untuk menjadi juara karena panitia menyiapkan sembilan juara dari ke tiga pos yang dilombakan.
Pagi hari Candi Gebang menjadi tempat terakhir santri ber-“outbond” ria. Game pesan berantai mengawali kegiatan seru ditempat wisata bersejarah ini. Kemudian kegiatan lain yang lebih seru seperti hiburan ikut memeriahkan outbond ini. Hiburan menampilkan kebolehan para remais menghibur santri. Saat hari semakin siang dilakukan pembagian doorprize, pengumuman juara, dan makan siang. Kegiatan diakhiri dengan berdo’a bersama dan mengajak santri untuk tetap istiqomah mengaji di masjid.
            Outbond tahun ini, berkonsep sederhana. Bertujuan utama untuk mengajak anak-anak kembali belajar mengaji di TPA dan tentunya untuk merefresh agar anak-anak memiliki pengalaman outbond yang menyenangkan (walaupun sederhana) bersama teman-temannya selama menjadi santri di TPA Al-Marhamah,” ungkap ketua panitia outbond TPA.
            Alhamdulillah, Ucapan terimakasih kepada banyak pihak yaitu donatur (majelis-majelis taklim Perum Candi Gebang, Takmir, GAPAI), guru-guru TPA yang telah banyak membimbing, remais Al-Marhamah yang sudah berkonstribusi banyak, dan para wali santri. Kegiatan outbond ini dapat berlangsung karena semua dukungan pihak. (Lina)

You Might Also Like

0 komentar: