Artikel KARAMAH

Masjid Sebagai Sarana Agar Terhindar Dari Kenakalan Remaja

00.33 REMAIS AL-MARHAMAH 0 Comments



Remaja masjid sebagai bagian dari remaja pada umumnya, dewasa ini berhadapan dengan berbagai problem remaja yang muncul di dalam masyarakat. Ada kenakalan remaja, perkelahian pelajar, penyalahgunaan narkotika, pergaulan bebas, dan sebagainya. Jika keadaan ini terus berlarut, akan timbul kerusakan dalam masyarakat. Karena masa depan remaja juga merupakan masa depan bangsa, negara, dan agama. Dalam hal ini, masjid sangat berperan dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan menjadikan masjid sebagai sarana perkumpulan remaja muslim untuk kegiatan agama, pendidikan, maupun sosial.
Sebagai sarana kegiatan agama, masjid dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengadakan pengajian remaja. Dengan pemahaman agama, mereka akan sukar terpengaruh ke dalam perbuatan negatif dan merusak, sehingga berbagai problematika remaja tidak akan muncul dalam masyarakat. Karena  pengajian ini dapat menanamkan nilai-nilai ajaran agama yang dapat membentengi dirinya dari berbagai pengaruh dan perbuatan negatif.
Selain itu masjid juga dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan bagi remaja, salah satunya dengan kegiatan diskusi remaja. Problematika remaja di dalam masyarakat dibicarakan dalam diskusi ini, guna mengupayakan pemecahan dan penanggulanganya. Wadah ini juga merupakan ajang pertukaran pikiran. Mereka mengemukakan pendapat secara bebas tentang masalah yang mereka hadapi. Dari mereka pula akan diperoleh gagasan-gagasan yang jernih dan relevan dengan permasalahan yang dihadapi.
Remaja masjid juga bagian dari suatu lingkungan masyarakat. Mereka tidak dapat memisahkan diri dari masyarakat. Berbagai problematika yang muncul dalam masyarakat tidak lepas dari tugas dan tanggung jawab remaja untuk membantu dalam pemecahanya. Maka dari itu remaja masjid juga harus aktif dalam kegiatan sosial. Kegiatan-kegiatan itu sedapat mungkin menyangkut kebutuhan masyarakat. Seperti olahraga, kesenian, bakti sosial, pemberantasan buta huruf Al-Qur’an dan sebagainya. Agar nantinya masyarakat juga akan membantu dan memberikan dukungan atas kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan oleh remaja masjid.

Kegiatan-kegiatan mereka ini bermanfaat tidak hanya untuk kepentingan mereka sendiri, tetapi juga untuk kepentingan remaja pada umumnya dan masyarakat luas. Dengan demikian, masjid sebagai pusat kegiatan remaja dapat dijadikan untuk membentengi remaja muslim agar tidak terjerumus ke dalam tindakan kenakalan remaja dan senantiasa berada di jalan yang baik dan benar sesuai ajaran agama.

You Might Also Like

0 komentar: